KINEMATIKA

Kinematika merupakan cabang mekanika yang membahas gerak benda. Gerak benda dibahas tanpa memperhatikan penyebabnya. Adapun cabang mekanika yang mempelajari gerak beserta penyebab gerak benda (berupa gaya dan torka) disebut dinamika. Sebuah benda disebut berkeadaan stasioner bila benda itu dalam keadaan diam atau melakukan gerak lurus beraturan (GLB). Keadaan benda dapat berubah dari keadaan stasioner ke keadaan lain bila mengalami pengaruh dari luar, yaitu gaya. Jadi gaya merupakan peubah gerak atau penyebab gerak translasi benda. Adapun peubah gerak rotasi benda disebut torka atau torsi atau juga momen gaya. Kinematika membahas gerak benda, baik dalam hal keadaan gerak maupun kuantitas (besarnya) gerak benda tanpa memperhatikan gaya atau torka sebagai peubah geraknya.

Ada beberapa penyebutan tentang keadaan khusus dari gerak benda :
  1. Benda diam, berarti posisi benda tetap atau posisi benda tidak bergantung waktu sehingga kecepatannya adalah nol.
  2. Benda bergerak, bila posisi benda berubah terhadap waktu.
  3. Gerak lurus beraturan (GLB), berarti benda bergerak pada kecepatan tetap sehingga percepatan yang dialami benda adalah nol.
  4. Gerak lurus berubah beraturan (GLBB), bila benda bergerak pada percepatan tetap. GLBB merupakan gerak berarah lurus dan dalam keadaan dipercepat atau diperlambat. Dalam keadaan dipercepat bila percepatan positif dan dalam keadaan diperlambat bila percepatan negatif,

0 komentar:



Posting Komentar